Apa itu Sinemetografi dan Apa itu Film?

Apa itu Sinemetografi dan Apa itu Film?

 0 comment |  796 views

Apa itu Sinemetografi, Tahu kah anda  ... ?

Sinematografi dari bahasa yunani kinema adalah gerakan dan graphein adalah merekam jadi mungkin bisa diartikan seperti ini, suatu disiplin dalam menata cahaya dan sudut pandang kamera untuk menciptakan kualitas gambar yang indah dalam sebuah produksi film atau sinema. Secara etimologi sinematography berarti menulis dengan gambar bergerak.

Sedangkan orang yang bertanggung jawab semua aspek Visual dalam pembuatan sebuah film adalah Sinematografer. Nah pekerjaan mereka mencakup sebagai berikut :

  • Proses komunikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara yang tak dapat menggunakan simbol-simbol yang sama. (Interpretasi) visual pada skenario.
  • Pemilihan jenis Kamera.
  • Jenis bahan baku yang akan dipakai.
  • Pemilihan lensa.
  • Pemilihan jenis filter yang akan dipakai di depan lensa atau di depan lampu.
  • Dan pemilihan lampu dan jenis lampu yang sesuai dengan konsep sutradara dan cerita dalam skenario.

Seorang sinematografer juga memutuskan gerak kamera, membuat konsep Visual, membuat floorplan untuk ke efisienan pengambilan gambar. Artinya seorang sinematografer adalah orang yang bertanggung jawab baik secara teknis maupun tidak teknis di semua aspek visual dalam film.

Sinematografer harus mendukung visi dari sutradara dan skenario, karena bagaimanapun yang akan di sampaikan ke pada penonton adalah semua informasi dalam bentuk Visual yang sesuai dengan visi sutradara dan visi skenario walaupun di beberapa kasus, sutradara bisa mengubah jalan cerita dalam skenario demi keindahan bercerita yang sudah merupakan gaya sutradara tersebut.

Apa itu Film?

Dari pembahasan Sinematografi pasti tidak jauh dari pembahasan kata film, apa menurut kalian film itu?

Secara fisik mungkin merupakan pita seluloid (Selulosa Triacetate), secara optik, film merupakan susunan gambar yang berurutan yang menghasilkan ilusi gerak dan secara konsep, film merupakan perpaduan gambar, suara dan gerak.

Film merupakan rangkaian dari beberapa bingkai gambar (frame) yang diputar dengan cepat kadang juga bisa disebut gambar hidup juga sering disebut Movie. Masing-masing bingkai merupakan rekaman tahap-tahap (sekuen) suatu gerakan. Frame gambar yang berurutan tersebut ketika diputar secara cepat, kemudian dilihat oleh mata kita lalu diteruskan ke dalam otak.

Film dihasilkan dengan rekaman dari orang dan benda (termasuk fantasi dan figur palsu) dengan kamera, dan/atau oleh animasi. Susunan gambar yang dibutuhkan per detik dalam sebuah gerakan disebut Frame Rate.

Film juga mempunyai banyak jenis genre, seperti Horor, Action, Drama, Thriller, Komedi, Animasi, Fantasi, Romansa.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sinematografi

https://id.wikipedia.org/wiki/Film

Category : Sinematografi


Comments:

No comments yet.

Will you comment?

Sign in with Facebook


7 + 3